Salah satu jenis peluang bisnis baru mulai menggeliat di Indonesia yaitu usaha budidaya semangka kotak yang sebelumnya sudah sangat terkenal di Jepang. Karena bentuknya yang sangat unik, semangka yang aslinya berbentuk bundar ini disukai banyak orang.
Umumnya kita menemukan semangka bulat. Nah, sekarang ini semangka sudah bisa dibuat menyerupai bentuk kotak. Tentunya dengan bentuk yang kotak membuat harga jual semangka ini semakin tinggi, hal tersebut karena tampilannya yang unik dan manarik.

Usaha Semangka Kota Yang Unik Ditekuni

1. Kelebihan semangka kotak
Kelebihan utama usaha budidaya semangka kotak memang tidak terletak pada rasanya, tetapi pada tampilannya. Bentuk buah ini memiliki keistimewaan tersendiri. Selain unik, juga lebih mudah ditata. Apabila semangka bundar mudah jatuh, hal ini tidak bisa terjadi pada panenan budidaya semangka kotak.
Meski mempunyai cita rasa sama seperti semangka lain tetapi hasil usaha budidaya semangka kotak bisa dijual dengan harga sangat tinggi. Keuntungannya jauh lebih besar dari budidaya buah semangka bundar. Laba usaha budidaya semangka kotak bisa berlipat-lipat.  
2. Sistem pengelolaan
Pengelolaan usaha budidaya semangka kotak memang butuh proses yang lebih rumit. Setelah tanamannya mulai berbuah, harus disediakan kotak khusus agar semangka yang akan dipanen dapat berbentuk kotak. Selain itu kotaknya harus diganti setiap 10 hari sekali sesuai ukuran pertumbuhan buah tersebut.
Sedangkan masalah lain seperti pemupukan, perawatan tanaman dan sebagainya tetap sama. Demikian pula waktu yang dibutuhkan untuk memanen hasil usaha budidaya semangka kotak tersebut juga tidak berbeda.
3. Sistem pemasaran
Sistem pemasaran hasil usaha budidaya semangka kotak tidak ada bedanya dengan metode pemasaran semangka biasa atau buah-buahan yang lain. Namun ketika bicara masalah harga, maka semangka kota bisa dijual dengan harga jauh lebih mahal.
Karena harganya mahal, maka segmen utama produk usaha budidaya semangka kotak adalah golongan masyarakat menengah ke atas. Apabila belum dapat menjualnya sendiri, lebih baik dititipkan ke supermarket atau mall.
4. Pengembangan usaha
Ada banyak sekali ide usaha yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha budidaya semangka kotak yang sudah dijalankan. Misalnya menciptakan bentuk selain kotak seperti limas, tabung dan sebagainya. Kreasikan ide tersebut melalui alat cetaknya.
Ide lain yang juga sangat prospektif dan bisa dikembangkan dalam usaha budidaya semangka kotak yaitu mengaplikasikan bentuk tersebut pada buah lain seperti apel, pepaya, jeruk, tomat dan lainnya.

Rahasianya, pelaku usaha budidaya semangka kotak harus mau melakukan inovasi yang lebih berani dan kreatif. Jangan takut menemui kegagalan, karena ketakutan akan menjauhkan kita dari keberhasilan. Selamat mencoba dan berusaha.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama
 
Top